Junio C. Benovan

Welcome to my Blog :)

Powered By Blogger

Pages

Stroke

Stroke
43

Dgompal

Welcome to the next level !

   Keadilan bisa diartikan sebagai sesuatu yang bersifat menengah, tidak berat sebelah, sesuatu yang diberikan sesuai dengan kemampuan. Itulah arti kata keadilan, ada beberapa macam keadilan yang kita kenal menurut Plato. Pertama adalah Keadilan Komulatif, Distributif, dan Legal/Moral, berikut definisi dan contoh-contohnya.

  1. Keadilan Komulatif, dari kata "commute" yang berarti mengganti adalah keadilan yang memberikan sesuatu sama banyaknya tanpa melihat dari sisi tertentu. Misalnya semua orang behak untuk sekolah, mencari pengetahuan, dan sebagainya.
  2. Keadilan Distributif, merupakan keadilan yang memiliki pandangan dari sisi pekerjaannya/jasa-jasanya. Contohnya gaji antara seorang Satpam dan Guru berbeda sesuai tanggungan yang dilaksanakan individu tersebut, dalam arti kata adil dalam pembayaran yang sesuai dengan tingkatan pekerjaan.
  3. Keadilan Legal, adalah keadilan sesuai peran serta masyarakat yang dilaksanakan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Contohnya seorang guru harus mengajar, bukan untuk hal-hal yang lainnya. Bila melakukan hal lain yang tidak sesuai dengan kewajibannya maka dapat dikatakan melenceng dari keadilan yang bisa menimbulkan kekacauan.

   Demikian macam-macam keadilan yang saya tulis, semoga bermanfaat untuk para pembaca dan bisa menjadi masukkan mengenai macam-macam keadilan yang ada di dunia ini. Sampai jumpa pada postingan selanjutnya, salam keadilan.

0 Responses so far.

Posting Komentar