Shading dalam arti luas adalah
persepsi kedalaman dalam model 3D( Tiga Dimensi) atau ilustrasi objek dengan
berbagai tingkat kegelapan pada latar belakang. Proses yang digunakan dalam menggambar untuk
tingkat menggambarkan kegelapan di atas kertas dengan menerapkan media yang
lebih padat atau dengan warna yang lebih gelap untuk daerah latar, dan dengan
warna lebih ringan untuk area yang lebih terang. Ada berbagai teknik
shading termasuk lintas menetas di mana garis tegak lurus dari
berbagai kedekatan diambil dalam pola grid untuk menaungi suatu
daerah. Semakin dekat garis bersama-sama, bagian berwarna muncul.
Dalam komputer grafis , shading mengacu pada proses
mengubah warna objek / permukaan / poligon dalam gambar 3D, berdasarkan sudut
untuk lampu dan jaraknya dari lampu untuk menciptakan photorealistic efek. Shading dilakukan
selama render, proses oleh program
disebut shader . Shading mengubah warna wajah
dalam model 3D berdasarkan sudut permukaan ke sumber cahaya. Ada dua jenis
shading di dalam bidang grafis, yaitu Flat Shading dan Smooth Shading.
Flat
Shading adalah teknik pencahayaan yang digunakan dalam grafis untuk memberi efek
pada objek berdasarkan sudut permukaan. Sementara pada Smooth Shading member efek
pada kualitas warna dan objek (pixel) sehingga membentuk pola yang terlihat
seperti realistis pada objek yang diberi efek shading ini.
Perbedaan antara Flat Shading dengan Smooth
Shading :
Pixel : Flat = Menggunakan
warna yang sama untuk setiap pixel.
Smooth = Menggunakan interpolasi linier pada
warna, sehingga terlihat lebih nyata.
Warna : Flat = Setiap
titik objek memiliki warna yang sama.
Smooth = Setiap titik objek memiliki warna
yang tersendiri.
Objek : Flat = Tidak
cocok untuk objek yang halus.
Smooth = Cocok untuk objek yang halus.
Shading biasanya mengatur besarnya intensitas cahaya yang masuk pada permukaan gambar/objek. Pada kasus biasanya, shading digunakan untuk menghalangi cahaya matahari pada objek, dan terbagi menjadi 2 jenis, shading device tetap dan shading device bergerak.
Shading biasanya mengatur besarnya intensitas cahaya yang masuk pada permukaan gambar/objek. Pada kasus biasanya, shading digunakan untuk menghalangi cahaya matahari pada objek, dan terbagi menjadi 2 jenis, shading device tetap dan shading device bergerak.
Grafika komputer pada dasarnya adalah
suatu bidang ilmu komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan
memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan
membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan
komputer. Grafika komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat
gambar-gambar, bagan-bagan, dan diagram-diagram. Grafika komputer dikembangkan
melalui suatu sistem operasi yang berbasis GUI (Graphical User Interface).
Graphical User Interface (GUI), dalam hubungannya dengan sains komputer, adalah
suatu antarmuka berbentuk tampilan yang memungkinkan seorang user untuk memilih
perintah, menjalankan program, melihat serangkaian file dan memilih opsi lain
dengan menunjukkan representasi gambar (icon) ataupun melalui sejumlah menu
pada layar komputer.
Sumber :
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/453/jbptunikompp-gdl-asrialdnim-22635-8-unikom_a-a.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Shading
http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/453/jbptunikompp-gdl-asrialdnim-22635-8-unikom_a-a.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Shading
·
0 Responses so far.
Posting Komentar